Wednesday, December 28, 2016

4 Uang Kertas Kuno Termahal di Indonesia


Uang kuno merupakan salah satu benda yang banyak diburu untuk dijadikan koleksi. Tak sekadar pajangan, para penggemar barang-barang antik ataupun kolektor juga menjadikab barang ini sebagai investasi yang unik.
Namun, seringkali masyarakat kita keliru dalam memprediksi uang kuno. Kadang mereka beranggapan harga uang kuno akan mahal jika memiliki umur tua.


Padahal anggapan itu tidaklah 100 persen benar, bisa dikatakan yang menetukan tingkat harga adalah kelangkaan dan nilai seni yang terkadung di dalamnya. Seperti halnya 4 uang kertas termahal di Indonesia berikut ini.
Nah penasaran uang nominal dan tahun berapakah yang paling mahal di Indonesia? Langsung yuk simak ulasanya di bawah ini.
1. Uang Kertas Rp5.000 Keluaran tahun 1958
Uang kertas ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan uang kertas saat ini.
Pada satu sisi uang terdapat gambar perempuan berkebaya yang sedang memegang padi. Sementara pada sisi sebaliknya tergambar hamparan sawah terasering.
Pada masanya dulu, uang kertas ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.
Uang pecahan Rp 5.000 tersebut saat ini setara dengan Rp10 juta atau lebih. Dengan nilai historis yang tinggi, uang kertas ini dikategorikan sebagai uang langka yang memiliki daya jual tinggi.
2. Uang Kertas 500 Gulden Keluaran 1933-1939
Uang sebelum kemerdekaan Indonesia, Gulden seri wayang, paling favorit dan paling diburu para kolektor.

Bentuknya yang indah, nominalnya yang lengkap dan kesulitannya yang sangat besar menyebabkan seri ini mengalami kenaikan harga yang sangat luar biasa.
Tidak heran banyak kolektor baik pemula maupun senior yang seringkali mengalami kesulitan untuk melengkapi seri ini.
Seri wayang terdiri dari 8 pecahan dan 14 variasi. Pecahan kecil (5, 10, dan 25 gulden) masing-masing memiliki 3 variasi tanda tangan. Sedangkan pecahan besar hanya satu variasi.
Pecahan 500 gulden termasuk yang sangat sulit ditemukan, hanya sekitar 3 lembar saja yang pernah terlihat di pasaran. Harga untuk kondisi VF mungkin sudah melebihi angka Rp30 juta.
3. Uang Kertas 1000 Gulden Keluaran 1933-1939

Kalau tadi nominalnya 500, sekarang 1000. Nah yang paling besar nominalnya adalah 1000 Gulden.
Kamu punya uang ini? Kalau iya, simpan baik-baik. Soalnya kolektor yang kaya raya akan membayar sekitar Rp100 juta.
4. Uang Kertas Rp100 Keluaran Tahun 1948
Di pasar uang kuno, lembar Rp100 terbitan tahun 1948 bergambar Pak Karno bisa laku Rp100 juta.
Bahkan kalau kondisinya cukup mulus, harganya bisa satu setengah kali lipat. Alasan kenapa uang ini begitu mahal tak lain adalah karena jadi saksi zaman pasca perjuangan.
Uang jenis ini sangat langka dan di pasaran sangat susah ditemui.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.